twitter

Pages

Selasa, 02 November 2010

Sekolah Kuliner D3 dan S1 di Jakarta


“Masakan  Tradisional  Indonesia  Yang  Kaya  Bumbu  &  Layak  Jual”

 Indonesia memiliki kekayaan masakan yang luar biasa dan tidak dimiliki negara lain. Kekayaan alam yang melimpah membuat masakan Indonesia beragam. Setidaknya ada 10 masakan tradisional Indonesia yang menarik perhatian mahasiswa Tristar Institute BSD saat ujian praktik kuliner beberapa waktu lalu.

 
 Ungkapan yang mengatakan bahwa berbeda pulau berbeda citarasa, bahkan berbeda desa tentu beda bumbu dan cara masaknya. Ya, setiap daerah di Indonesia mempunyai masakan khas yang tiada duanya. Itu diungkapkan oleh Chef Mahmudi, M.Par, salah satu dosen pengampu mata kuliah Kuliner di kampus Tristar Institute BSD.


Ada banyak resep masakan tradisional Indonesia yang kaya akan citarasa, dan tidak kalah tenar dibanding kuliner lain. Tak terhitung berapa jumlah masakan khas daerah di Indonesia, membuat mahasiswa Tristar Culinary Institute ini semakin kreatif memunculkan masakan tradisional yang nikmat untuk disantap dan layak jual.
 
“Pelaksanaan ujian ini bertujuan untuk menguji kemampuan siswa di triwulan pertama dengan materi sesuai silabus. Dengan mengangkat tema pengolahan makanan Indonesia, diharapkan para mahasiswa mampu menciptakan sajian Indonesia yang enak dan berkelas, serta layak jual dan bisa merebut pangsa pasar,” kata Chef Mahmudi, M.Par yang ditemui disela-sela waktu ujian.

 

Ia menjelaskan, perlu diketahui untuk menu ujian ini, kebanyakan mahasiswa mengusung masakan dari kampung halaman masing-masing, seperti Soto Betawi, SambalTasak Telu & Cipera dari Tanah Karo, Ikan Mas Naniarsik dari Medan, Ayam Tuturuga dari Menado, Bubor Padas dari Pontianak, dan masih banyak lagi. Sehingga masakan yang disajikan oleh mereka mempunyai keanekaragaman citarasa. Selain, diuji kemampuannya, dalam ujian ini mahasiswa juga harus menghitung food control, dengan harapan agar mereka bisa memperkirakan budget-nya, ungkap dosen pengampu mata kuliah kuliner di Tristar Institute BSD ini.

 

Sementara itu, Eva Asih, salah seorang mahasiswi yang tengah mengikuti ujian praktik ini mengatakan, bahwa memasak masakan dari daerah bener-bener sangat menyenangkan, karena bisa menimbulkan rasa kangen pada kampung halaman. Seperti diujian ini kami membuat Ikan Mas Naniarsik dari Batak yang citarasanya asin, asam/ kecut, dan pedas. Rasa yang khas ini ditimbulkan dari bumbu khas Sumatera yaitu andaliman dan bunga rias (kecombrang). Setelah matang, hasilnya kami cukup puas karena rasanya menyerupai” ungkap mahasiswi bergaya tomboi ini. 

 
 
 Dengan waktu 120 menit, para mahasiswa bisa menyelesaikan aktifitas mulai dari persiapan bahan, proses pembuatan hingga penyajian yang menarik. Hal ini menunjukkan keseriusan belajar dari para mahasiswa mendalami materi perkuliahan. Anda ingin pandai seperti mereka ? Tristar Institute bisa menjadi pilihan dan rasakan suasana kampus yang begitu nyaman. *Upi


SekolahKuliner&AkademiPerhotelan
Info Kuliah di Jakarta:
Kampus BSD Serpong Jakarta:
D3 Perhotelan
S1 Culinary Business (SE)
S1 Food Technology (STP)

Tristar Institute – Serpong Jakarta
KomplekRuko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Telp: 021-5380668.
HP: 081286358533.
PIN BB: 2A96E298.
Fax: 021-53155652.

Tidak ada komentar: